Nagari Matua Hilia, Agam Renovasi Objek Wisata Pincuran Gadang

Nagari Matua Hilia, Agam Renovasi Objek Wisata Pincuran Gadang

Jumat, 11 Oktober 2019, 10:51
Objek wisata Pincuran Gadang, Matua Agam. (foto ist)

Rakyatterkinii (Agam) - Pemerintah Nagari Matua Hilia, Kecamatan Matur, Agam, renovasi objek wisata Pincuran Gadang dalam rangka meningkatkan dan pembangunan nagari untuk menyediakan arena wisata yang lebih menarik.

Wali Nagari Matua Hilia, Nurhamdi melalui Wali Jorong Batu Baselo,  Ari Adrian mengatakan renovasi dianggarkan dengan dana nagari dan telah dilaksanakan semenjak 2 tahun terakhir.

“Objek yang direnovasi berupa pembangunan kolam untuk anak–anak dan wanita, serta menata taman bunga kemudian memberi plang dengan nama Pincuran Gadang, ” ujarnya saat dikomfirmasi, Jumat (11/10).

Dilanjutkanya, objek wisata ini terdiri dari kolam pemandian dengan sumber mata air yang jernih dari perbukitan dan di lokasi juga terdapat wisata religius berupa masjid tua yang berusia lebih 2 abad. Mesjid tersebut menjadi bukti sejarah perkembangan Islam di Luhak Agam dan sekitarnya.

Masjid merupakan bukti peninggalan sejarah perjuangan pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol saat perang paderi yaitunya tempat penyebaran ajaran Islam sekaligus basis pertahanan dan mengatur strategi perang gerilya.

Saat ini, Objek Wisata Pincuran Gadang sangat diminati oleh pengunjung lokal. Tiap hari bisa mencapai 100 lebih pengunjung, jika di akhir pekan bisa 5 kali lipat, ungkap Ari. (RSY)

TerPopuler