Mentawai Kaya Potensi Bahari, Pariwisata dan Budaya

Mentawai Kaya Potensi Bahari, Pariwisata dan Budaya

Jumat, 18 Oktober 2019, 15:40
Wisata Bahari Mentawai harus dikembangkan. (foto jaibi)

Rakyatterkini (Mentawai) - Kepulauan Mentawai sangat memiliki potensi bahari pariwisata dan budaya yang patut dikembangkan untuk mendukung perekonomian masyarakat.

Selama ini sudah mulai bergerak, namun belum terpadu karena pelaku utama dalam ekonomi belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat Mentawai, ujar Kepala Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Naslindo Sirait, Jumat (18/10).

Dikatakan, pemerintah mau menyampaikan kepada masyarakat bagi yang memiliki lahan produktif yang bisa dikembangkan menjadi lokasi pariwisata dengan alam dan pantainya yang layak dibangun objek wisata, baik bahari maupun budaya.

Masyarakat dapat terlibat langsung di dalam mengembangkan pariwisata yang akan membantu ekonomi masyarakat, baik dari segi budaya maupun aktivitas lainnya yang akan memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat.


Selain melestarikan budaya itu sendiri masyarakat bisa menjadikan daya tarik wisatawan dengan kreativitas yang membuat daerah tersebut tumbuh dan berkembang.

Tempat itu akan ditata sedemikian rupa oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan membangun Homestay juga restoran sehingga Dusun Katiet atau Desa Josua menjadi hidup.

Terkait pembangunan, Naslindo mengatakan tahun ini akan dilaksanakan pembangunannya dan ditarget rampung tahun depan.

Ia berharap masyarakat ambil bagian dlaam menyempurnakan Daerah wisata sehingga dapat dipandang oleh wisatawan luar. (jbi)

TerPopuler