Kapolda Tinjau Asrama Brimob Padang Panjang, Rp100 Juta Diserahkan

Kapolda Tinjau Asrama Brimob Padang Panjang, Rp100 Juta Diserahkan

Kamis, 10 Oktober 2019, 14:29
Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal, didampingi Wakil Walikota Padang Panjang, Asrul dan pejabat utama meninjau asrama Brimob yang terbakar, Kamis (10/10). (foto ist)

Rakyatterkini (Padang Panjang) - Kapolda Sumbar, Irjen Pol. H Fakhrizal. M.Hum mengunjungi Asrama Brimob Padang Panjang yang terbakar pada Rabu (9/10) sore. Dalam kunjungan itu, Kapolda bersama rombongan mencek seluruh ruangan yang terbakar, Kamis (10/10) pagi. Dalam kejadian itu, si jago merah menghaguskan 11 petak asrama beserta isi dan meterial lainnya.

Dalam kunjungan itu, Kapolda didampingi sejumlah pejabat utama, Dansat Brimob, Kombes Djoko Purnomo dan wakil walikota Padang Panjang, Asrul. Sebagai ungkapan keprihatinan, kapolda menyerahkan bantuan Rp100 juta yang diterima Dansat Brimob, Kombes Djoko Purnomo.

Bantuan yang diserahkan kapolda itu, untuk meringankan korban (ibu bhayangkari) yang tempat tinggalnya ludes dimamah api. Sebagian kepala keluarga (brimob) yang asramanya terbakar sedang menjalankan tugas di Papua. "Bantuan ini, dari orangtua untuk anaknya, ujar Fakhrizal sambil tersenyum.

Peristiwa yang mengejutkan itu tidak diduga sama sekali dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Tim Polda. "Tadi kita sudah bicarakan dengan wakil walikota dan Dansat Brimob, bagaimana pembangunan kembali, "ujar Kapolda.

Dikatakan, untuk pembangunan kembali, Polda akan segera melakukannya di lokasi yang sudah dihibahkan Pemko Padang Panjang. Sebelum pembangunan dimulai, penghuni beserta keluarga (bhayangkari) serta anak-anaknya akan ditampung di tempat pengungsian sementara. "Kita urus secepatnya, mudah-mudahan pembangunan asrama ini bisa cepat terealisasi, "ujar Kapolda.

"Ada tujuh anggota kita yang terkena musibah sedang melaksanakan tugas di Papua dan anak istrinya kita urus dan dibantu, "kata jenderal bintang dua ini.

Kebakaran pada Rabu sore itu menghanguskan 11 petak asrama, api juga membakar dua unit rumah milik masyarakat yang menjadi korban terdampak kebakaran.

Saat sekarang penghuni asrama kebakaran diungsikan ke Aula Brimobda Batalyon B dan Mushalla asrama Brimob Silaing Bawah.

Untuk memadamkan api yang berkobar sejak pukul 15.45 WIB tersebut, selain mengerahkan dua unit water cannon Brimob Padang Panjang dan armada milik Pemko Padang Panjang, petugas pemadam kebakaran (damkar) dari berbagai daerah tetangga ikut memadamkan api, seperti Kota Solok, Bukittinggi, Tanah Datar dan Agam.

Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta mengingat tak hanya rumah, tetapi juga membakar isi dan material lainnya seperti kendaraan. Penyebab kebakaran belum diketahui. (gp)

TerPopuler