Bupati Pasbar Canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Ini Tujuannya

Bupati Pasbar Canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Ini Tujuannya

Jumat, 11 Oktober 2019, 16:40
Bupati Pasbar, H. Yulianto menyerahkan peralatan gotong royong kepada Babinsa Kecamatan Kinali. (foto robbisam)


Rakyatterkini (Pasaman Barat) - Bupati Pasaman Barat (Pasbar) mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGM) tingkat Kabupaten Pasbar 2019 di Kecamatan Kinali, Jumat (11/10).
Tujuan BBMG dicanangkan adalah untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pengabdian membangun bangsa yang mandiri, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan partisipatif meliputi bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial, agama dan lingkungan.

Selanjutnya, meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam meningkatkan peran dan fungsi kelembagaan masyarakat seperti LPM, Karang Taruna, PKK dan lain-lain, meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggungjawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan yang telah dibangun.

"Setelah pencanangan ini saya minta kepada seluruh kecamatan dan nagari untuk menghimbau masyarakat untuk melaksanakan kegiatan gotong-royong masyarakat selama satu bulan ke depan," kata Bupati Pasbar, H. Yulianto saat pencanangan BBGM di Kinali.

Yang paling penting adalah, dilanjutkannya, para camat dan wali nagari bukan hanya menghimbau atau pun mengajak, akan tetapi harus  berada di garda terdepan dalam melakukan aksi gotong royong tersebut.

Disampaikan, selain pencanangan BBGM, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar juga mencanangkan pengentasan kemiskinan berupa pembangunan jamban bagi masyarakat kurang mampu bekerjasama dengan Kodim 0305 Pasaman.

"Pada 2019 beberapa program yang telah dilaksanakan dengan pemerintah nagari adalah pembuatan 50 unit jamban bagi masyarakat kurang mampu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari di Kecamatan Kinali dan Pasaman, pemasangan 50 unit sambungan listrik dan bedah rumah bagi 10 keluarga kurang mampu," jelas Yulianto.

Melalui pencanangan, Yulianto mengajak seluruh seluruh unsur dan masyarakat untuk membudayakan  kembali gotong royong di tengah-tengah masyarakat mengingat banyaknya hal positif yang bisa diperoleh melalui pelaksanaan gotong royong.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Etris Dsem menyampaikan, selaku panitia penyelenggara pihaknya ucapan terima kasih kepada atas bantuan berbagai pihak terutama Camat Kinali, Wali Nagari Kinali, Danramil, Kapolsek Kinali serta Babinsa  yang telah bekerja keras dalam mendukung pelaksanaan kegiatan. (rb)

TerPopuler