Sejenis ISPA, Ribuan Warga Sumbar Terserang ILI

Sejenis ISPA, Ribuan Warga Sumbar Terserang ILI

Jumat, 20 September 2019, 19:40
Ilustrasi kabut asap. (net)

Rakyatterkini (Padang) - Sebanyak 4.100 masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan terpapar Influenza Like Illness (ILI).

ILI sejenis dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) merupakan penyakit demam tinggi di atas 38 derajat celcius yang diiringi dengan batuk dan sakit tenggorokan.

"Hal ini tak terlepas dari kabut asap yang melanda sejumlah kawasan di Sumatera Barat. Tingginya angka penderita juga disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang beraktifitas di luar ruangan tak menggunakan penutup muka atau masker," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumatera Barat, Merry Yuliesday, Jumat (20/9).

Kabupaten Pesisir Selatan, sebagai daerah yang paling tinggi angka penderita ILI dimana mencapai 1.200 kasus atau di atas 1.000 kasus per minggu.

Sementara itu, Kota Payakumbuh yang berada lebih dekat dengan provinsi Riau, wilayah yang mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) justru berstatus Zero ILI alias nol kasus penyakit tersebut.

"Karena kesadaran masyarakat menggunakan masker disana sangat tinggi mengingat kondisi asap yang semakin tebal," tuturnya.

Selain Payakumbuh, daerah lain di Sumbar yang dinyatakan Zero ILI diantaranya, Kota Solok, Bukittinggi dan Pariaman serta Kabupaten Padang Pariaman. "Sangat kecil kasus ILI disana," ucapnya.

Begitupun dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pantauan beberapa hari lalu di Bumi 'Sikerei', kualitas udara disana cukup bagus meskipun cuaca panas akibat musim kemarau yang terjadi belakangan ini. (*)

Kontributor: Muhammad Aidil

TerPopuler