Satgas Anti Mafia Bola Awasi Setiap Pertandingan Semen Padang FC

Satgas Anti Mafia Bola Awasi Setiap Pertandingan Semen Padang FC

Senin, 23 September 2019, 14:44
Laga Semen Padang FC menjamu tim tamu di GOR Agus Salim, (foto ist)

Rakyatterkini (Padang) - Memberangus mafia pengaturan skor sepakbola, Tim Satuan Tugas (Satgas) Anti Mafia Bola Polda Sumbar melakukan monitoring dan pengawasan setiap pertandingan Liga I di Stadion GOR Agus Salim Padang.

Tim Satgas jilid 2 ini,  baru dibentuk pada Agustus dan telah melakukan pengawasan dua kali pertandingan antara Semen Padang FC menjamu tim tamunya.

Ketua Tim Satgas Anti Mafia Bola Polda Sumbar, Kombes Onny Trymurti Nugroho, didampingi Wadir Reskrimum, AKBP Muchtar Siregar dan Kanit II Subdit I, Iptu Rifki Yudha Ersanda, Senin (23/9) mengatakan dalam melakukan pengawasan, Tim Satgas Anti Mafia Bola berkoordinasi dengan PSSI, KONI, manajer Semen Padang FC, pengelola stadion (Dispora) dan pihak lainnya.

Selain itu, tim juga mengontrol perangkat pertandingan, mulai dari wasit, hakim garis, pengawas pertandingan dan semua yang terlibat dalam sebuah pertandingan.

Pengawasan juga tak luput kepada pelatih dan pemain, serta manajemen klub. "Semuanya akan kita awasi, dengan tujuan agar pelaksaan Liga 1 di Sumbar berjalan dengan baik, tanpa adanya pengaturan skor," ujar Onny.

Tim Satgas Anti Mafia Bola Polda Sumbar. (foto ist)

Ditambahkan, selama pengawasan di Padang, satgas yang berpusat di Jakarta dengan ketua tim, Brigjen Pol Hendro Pandowo belum menemukan indikasi pengaturan skor disaat Semen Padang FC bermain. "Sudah dua kali pertandingan Semen Padang kita awasi, belum ditemukan indikasi penyimpangan, "tambah Iptu Rifki, tim yang memantau langsung ke lapangan.

Kedua pertandingan yang telah dipantau itu adalah, Semen Padang lawan Barito Putra dan PS Sleman. "Sore nanti, Semen Padang lawan PSM Makasar juga kita awasi, 'ujar Kanit II Subdit I itu.

Dikatakan, pengawasan itu akan dilakukan di setiap pertandingan Semen Padang, baik laga akan dimulai, sedang berjalan dan setelah pertandingan.

Tugasnya memonitoring, melihat, mengawasi pelaksanaan pertandingan sepakbola yang sedang berlangsung. Jika ditemukan suatu pelanggaran pidana, maka pihaknya akan melakukan penyelidikan dan penyidikan. "Ini SOP dari pusat kita hanya menjalani saja, ujarnya. (gp)

TerPopuler