PLTBm Terangi Tiga Desa di Siberut Tengah, Mentawai

PLTBm Terangi Tiga Desa di Siberut Tengah, Mentawai

Rabu, 18 September 2019, 10:57
Menteri Pembangunan Nasional , Bambang Brodjonegoro, didampingi Wagub Sumbar, Nasrul Abit dan petinggi PLN saat meresmikan PLTBm di Siberut Tengah, Mentawai. (foto jaibi)

Rakyatterkini (Mentawai) - Pembangkit Listrik Tenaga Biomasa (PLTBm) memberikan penerangan pada masyarakat Desa Saliguma, Kecamatan Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

PLTBm dengan bahan bakar bambu mampu memberikan penerangan bagi masyarakat di pedalaman. 

Saat ini ada sebanyak 11 dusun di desa Saliguma, dengan kapasitas 250 kiloWatt (kW), PLTBm mampu memenuhi pelanggan sebanyak 388 kepala keluarga. 

Menteri Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan PLTBm ini adalah teknologi pertama di Indonesia guna memberikan penerangan di seluruh pulau kecil di Indonesia. 

"PLTBm ini adalah teknologi pertama di Indonesia menggunakan bahan bakar bambu," ungkapnya kepada wartawan di acara peresmian PLTBm di Desa Saliguma. Selasa, (17/9). 

PLTBm merupakan bantuan dari Amerika Serikat untuk Indonesia yang selanjutnya diserahkan ke masing-masing wilayah kepulauan di Indonesia. Salah satunya Mentawai. 

Disebutkan selain Desa Saliguma ada dua desa lagi yang diberikan bantuan yakni Desa Madobag dengan kapasitas 300 kilowatt dan 579 pelanggan. Kemudian Desa Matotonan 150 kilowatt dan pelanggan 266 KK.

PLTBm ini juga dapat memberikan kesempatan pada masyarakat setempat untuk menjual bambu dengan harga Rp700 per kilo gram. Tentunya ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, terang Bambang. 

Selain PLTBm, Bambang juga mendorong pembangunan Infrastruktur Jalan Trans Mentawai dan destinasi wisata kelas dunia. 

"Kita upayakan mengkoneksikan semua daerah Kepulauan Mentawai  melalui pembangunan Infrastruktur yang harus terus disusun dari sekarang seperti bandara dan pelabuhan," katanya. (jbi)

TerPopuler