Panas Bumi Bisa Jadi Sumber Energi Listrik di Indonesia

Panas Bumi Bisa Jadi Sumber Energi Listrik di Indonesia

Kamis, 12 September 2019, 17:41
Ilustrasi panas bumi jadi energi listrik. (net)

Rakyatterkini (Padang) - Kesulitan mencari minyak dalam beberapa tahun belakangan sudah mulai dirasakan. Sebagai kebutuhan pokok, keberadaan bahan bakar minyak (bbm) tidak selalu bergantung kepada minyak bumi. Salah satu upaya untuk melepaskan ketergantungan itu adalah dengan pemanfaatan panas bumi jadi sumber energi listrik di Indonesia.

Selain juga ramah lingkungan. "Potensi panas bumi di Indonesia yang termanfaatkan baru dua ribu megawatt dari potensi 29 ribu megawatt. Apabila Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) yang ditargetkan nasional sebesar enam ribu megawatt pada 2025 tercapai, maka Indonesia bisa menghemat impor minyak 100 ribu barel per hari," kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), F X Sutijastoto, Kamis (12/9).

Ia mengaku bahwa saat ini eksplorasi sudah dilakukan di sejumlah wilayah seperti Wesan, Nusa Tenggara Timur, berikutnya di Jailolo Halmahera Barat dan Maluku Utara.

"Keberadaan sektor panas bumi ini dapat meningkatkan perekonomian. Investasi yang diarahkan investor ke sektor panas bumi akan membuka lapangan kerja membawa dampak kemajuan untuk daerah penghasil dan sekitarnya," tuturnya.

Dari informasi yang dirangkum dari Kementerian ESDM, potensi panas bumi di Sumatera Barat ada sebanyak 1.600 megawatt dan tersebar pada 18 titik di antaranya ada di Gunung Talang, Kabupaten Solok, Bonjol, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Solok Selatan. (*)

Kontributor: Muhammad Aidil

TerPopuler