Kabut Asap, Warga Riau Eksodus ke Bukittinggi

Kabut Asap, Warga Riau Eksodus ke Bukittinggi

Sabtu, 21 September 2019, 16:11
Selama kabut asap banyak kendaraan plat BM di Bukittinggi. (foto ist)

Rakyatterkini (Bukittinggi) - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi beberapa waktu belakangan ini tak menyurutkan niat masyarakat untuk berliburan ke daerah wisata.

 Banyak diantara mereka yang memanfaatkan momentum diliburkan dari aktivitas di daerah yang terdampak kabut asap untuk menyambangi sejumlah objek wisata di Kota Bukittinggi.

"Banyak warga yang memiliki kendaraan dengan plat nomor BM berada disini (Bukittinggi, red) belakangan ini, entah yang berlibur dan menginap. Dari pantauan, sejumlah hotel dan penginapan terlihat penuh," kata Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Bukittinggi, Erwin Umar, Sabtu (21/9).

Namun Erwin belum bisa merinci seberapa besar peningkatan warga Riau yang eksodus ke Kota Bukittinggi selama satu pekan belakangan ini.

"Belum kita data, yang jelas kenaikannya cukup signifikan dan membawa berkah tersendiri bagi pemasukan daerah," ulasnya.

Hingga Sabtu (21/9), dari informasi yang berhasil dihimpun, kualitas udara di Kota Bukittingi tidak sehat dengan jarak pandang antara 500 meter hingga 1.000 meter.

Bebukitan di sekitar Kota Bukittinggi dan dua gunung tertinggi Merapi dan Singgalang sudah tak nampak lagi akibat diselimuti kabut asap. Banyak warga yang beraktivitas di luar ruangan menggunakan penutup mulut (masker). (*)

Kontributor: Muhammad Aidil


TerPopuler