Kabut Asap, Pemerintah Daerah Punya Hak Liburkan Anak Sekolah

Kabut Asap, Pemerintah Daerah Punya Hak Liburkan Anak Sekolah

Senin, 23 September 2019, 15:03
Kabut asap hampir merata menyelimuti wilayah Sumbar. (foto ist)

Rakyatterkini (Padang) - Kabut asap yang semakin parah dan hampir merata hampir di seluruh wilayah Sumatera Barat (Sumbar) membuat pemerintah daerah mengambil kebijakan meliburkan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para peserta didik.

Hal tersebut dilakukan guna menekan jumlah warga yang terjangkit penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), terutama di kalangan pelajar.

"Keputusan meliburkan pelajar itu merupakan keputusan dari pemerintah daerah yang ada di Sumatera Barat. Tercatat beberapa daerah telah meliburkan aktivitas belajar mengajar di Sekolah. Beberapa daerah tersebut seperti, Dharmasraya, Sijunjung, Solok, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Tanah Datar, hampir merata beberapa daerah meliburkan sekolahnya," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumbar, Adib Alfikri.

Dengan diliburkannya para siswa-siswi, Adib menyebut pelaksanaan ujian mid semester diundur hingga kabut hilang dan aktivitas kembali normal.

"Saat ini guru hanya memberikan tugas untuk dikerjakan siswa di rumah. Hanya itu solusi supaya terjadi proses pembelajaran berkelanjutan bagi siswa di rumah, hingga kabut asap mereda," imbuhnya. (*)

Kontributor: Muhammad Aidil

TerPopuler