Ikatan Keluarga Minang Banyumas Dukung Penuh Futsal Tuah Sakato di Purwokerto

Ikatan Keluarga Minang Banyumas Dukung Penuh Futsal Tuah Sakato di Purwokerto

Rabu, 18 September 2019, 09:21
Ikatan Keluarga Minang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dukung penuh tim Futsal Tuah Sakato Sumbar. (foto ist)

Rakyatterkini (Jawa Tengah) - Kehadiran Tim Futsal Tuah Sakato Sumbar di Purwokerto, tempat pelaksanaan Babak 8 Besar Nasional Liga Futsal Nusantara (LFN) 2019 mendapat sambutan hangat dari Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa siang (17/9).

Itu terlihat dengan kedatangan sejumlah pengurus DPD IKM Banyumas ke penginapan tim Futsal Tuah Sakato untuk bertatap muka sekaligus bersilahturahmi dengan seluruh anggota rombongan.

Melalui Adrial, Ketua IKM Banyumas, wadah organisasi pemersatu perantau di Banyumas dan sekitarnya yang didalamnya terdiri dari berbagai organisasi perantau seperti Iwatar (Ikatan Warga Atar), PWS (Persatuan Warga Sungayang), PKDP (Persatuan Keluarga Padang Pariaman) dan lain-lain, memberikan motivasi dan dorongan mental kepada anak asuh Head Coach Qusmaini Noor Rusli itu.

Adrial menegaskan "squadra marawa" julukan Futsal Tuah Sakato tidak akan berjuang sendiri di Purwokerto. IKM Banyumas siap menemani perjuangan Afis Yunanda cs untuk bermain full spirit, pantang menyerah, tak kenal lelah demi merebut kemenangan.

"Jangankan kalah, imbang saja kita IKM Kab. Banyumas tidak mau. Itu spirit yang kita inginkan kepada Futsal Tuah Sakato. Tapi semua kita, tentu kewajibannya bekerja keras. Berusaha semaksimal mungkin. Ikhtiarnya seperti itu. Namun apapun hasilnya nanti, itulah takdir Allah," tuturnya.

"Kami IKM disini berada di sekeliling anak-anak muda Sumatera Barat, mendorong mental Futsal Tuah Sakato agar target yang diharapkan tercapai. Yang jelas akan kita support penuh disini dan siap menghadirkan sekitar 300an perantau ke tempat
pertandingan nanti," tegasnya.

Hal tersebut diapresiasi tinggi oleh H. Yasman Yanusar, pimpinan rombongan Futsal Tuah Sakato nan notabene juga Ketua AFP Sumbar.

Didampingi Yosrizal, menejer tim, Pak Haji, panggilan akrabnya, mengucapkan rasa terima kasihnya atas support  dan sokongan penuh IKM Banyumas. Dan itu menjadi tambahan motivasi, menguatkan lagi spirit bertanding bagi Afis Yunanda dan kawan-kawan.

"Alhamdulillah, kita sangat menghormati dukungan IKM disini. Semoga jadi pemicu untuk anak-anak berjuang dan bekerja keras untuk kebanggaan kampung halaman para perantau disini," sebutnya.

Setelah memperkenalkan satu persatu seluruh pemain dan tim pelatih plus anggota rombongan, Pak Haji menceritakan perjalanan Futsal Tuah Sakato sejak melakoni pertandingan dari zona Sumbar hingga menginjakan kaki di Babak 8 Besar Nasional LFN 2019.

"Tim ini merupakan kumpulan pemain dari mayoritas klub-klub futsal di Sumatera Barat. Mereka sejatinya adalah tim proyeksi Pra PON Futsal Sumbar. Seusai keinginan pelatih dan pemain sendiri yang ingin bersama dan mematangkan diri. Mereka diterjunkan ikut kompetisi Liga Futsal Nusantara 2019," terangnya.

Dua misi yang ingin diraih. Lolos ke Liga Pro agar anak-anak terus bersatu dan mendapatkan jam terbang di kompetisi resmi yang berguna bagi program pelatih dalam mematangkan tim Pra PON yang juga punya tekad lolos ke PON 2020 di Papua, jelasnya kepada Pengurus DPD IKM Banyumas.

Tentang Babak 8 Besar nanti, menejer Tim Yosrizal menambahkan Futsal Tuah Sakato belum mengetahui siapa lawan. Sebab Federasi Futsal Indonesia (FFI) akan melakukan tecnical meeting dan drawing dalam menentukan lawan bagi ke-8 tim kontestan.

"Ke-8 tim yang lolos dari peringkat 1 dan 2 dari Grup A, B, C dan D Babak 3 Besar Nasional akan diundi siap lawan masing-masing. Yang jelas Futsal Tuah Sakato dengan Bank Sumut, wakil Grup A tidak akan bertemu. Sama dengan masing masing dua tim wakil dari grup lainnya. Bagaimana skema undiannya nanti di technical meeting, Kamis malam semua dipastikan," ulasnya.

Pertandingannya sistim gugur. Empat tim pemenang dapat tiket lolos ke Liga Pro. Tetapi ke-empat tim itu juga lanjut semi final dan final untuk menentukan juara 1, 2, 3 dan 4 LFN 2019. (rel) 

Ke-8 Tim Babak 8 Besar:
Juara Grup A : Futsal Tuah Sakato (Sumbar)
Juara Grup B : BJL 2000 Semarang (Jateng)
Juara Grup C : White Steel Jayapura (Papua)
Juara Grup D : AXM Manado (Sulut)
Runner Up A : Futsal Bank Sumut
Runner Up B : Alba FC Bandung (Jabar)
Runner Up C : Barean Mandiri Tarakan (Kaltara)
Runner Up D : Katojeck FC Berau (Kaltim)

TerPopuler