Era Demokrasi, Peran Media Tentukan Kesuksesan Pemilu

Era Demokrasi, Peran Media Tentukan Kesuksesan Pemilu

Jumat, 13 September 2019, 16:49
Media gathering Bawaslu dengan awak media. (Foto ist)

Rakyatterkini (Padang) - Era demokrasi tidak terlepas dari pemilihan umum (pemilu). Selama gelaran pesta demokrasi tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diklaim selalu menggandeng media melakukan pengawasan.

"Bawaslu selama ini menggandeng teman-teman media dalam publikasi pengawasan Pemilu 2019. Bawaslu menilai, media memiliki peran penting dalam fungsinya sebagai kontrol sosial," kata Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar Karnalis Kamaruddin, Jumat (13/9).

Selain membantu dalam pengawasan terhadap indikasi pelanggaran, media bisa menginformasikan kepada masyarakat terkait kegiatan Bawaslu maupun tahapan pemilu.

"Media punya peran strategis dalam pemilu terkait dengan fungsi kontrol dan pengawasan termasuk edukasi perihal tahapan pemilu 2019," ucapnya.

Karnalis berharap terjalin suatu hubungan yang lebih intens lantaran Bawaslu juga membutuhkan peran media untuk bisa menginformasikan hasil kerja pengawasan dalam setiap tahapan pemilu.

"Sehingga publik mengetahui apa saja yang sudah dilakukan Bawaslu sebagai pengawas pemilu,” ujarnya.

Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumatera Barat, Vifner menyatakan, pertemuan dengan sejumlah awak media dilakukan guna memaparkan hasil kerja yang telah dilakukan.

"Bawaslu memaparkan secara terbuka kepada awak media tentang hasil kegiatan pengawasan pemilu 2019 untuk diketahui masyarakat," kata Vifner. (*)

Kontributor: Muhammad Aidil


TerPopuler