Bupati Hendrajoni Tinjau Abrasi Pantai di Batang Kapas

Bupati Hendrajoni Tinjau Abrasi Pantai di Batang Kapas

Minggu, 22 September 2019, 19:06
Bupati Pesisir Selatan,  Hendrajoni meninjau abrasi pantai di Dusun Muaro, Kampung Bukik Tambun Tulang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Minggu (22/9). (foto ist)

Rakyatterkini (Painan)
- Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meninjau abrasi pantai di Dusun Muaro, Kampung Bukik Tambun Tulang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Minggu (22/9).

"Abrasi ini mesti cepat ditangani sehingga dampaknya tidak semakin parah," kata Hendrajoni disela-sela kegiatan tersebut.

Ia mengatakan jika abrasi tidak segera ditangani maka berpotensi besar akan merusak perkampungan warga di dusun tersebut.

"Saya sudah perintahkan wali nagari dan camat untuk membuat proposal, sehingga bantuan baik dari kabupaten, provinsi dan pusat bisa diakses," imbuhnya.

Saat ini, kata dia, abrasi telah menyebabkan lebih dari 20 meter daratan terkikis dan bibir pantai semakin dekat dengan pemukiman warga.

"Warga mesti meningkatkan kewaspadaan mengingat cuaca yang tidak menentu sejak beberapa bulan terakhir, terutama pada malam hari karena cenderung terjadi gelombang tinggi," sebutnya.

Kunjungan bupati ke Dusun Muaro, Kampung Bukik Tambu Tulang, Nagari IV Koto Hilie merupakan rangkaian kunjungannya ke Kecamatan Batang Kapas, setelah terlebih dahulu meninjau Irigasi Jalamu yang rusak dan meninjau sarana dan prasaranan yang dibangun di Pasar Batang Kapas.

Pada kunjungan tersebut, Bupati Hendrajoni didampingi sejumlah pejabat termasuk Camat Batang Kapas, Wendra Rovikto. (*)

Kontributor: Roni Prima

TerPopuler