BNPB Klaim, 328.724 Hektare Lahan Terbakar Selama 2019

BNPB Klaim, 328.724 Hektare Lahan Terbakar Selama 2019

Selasa, 24 September 2019, 14:08
Kepala BNPB, Doni Monardo, Rabu (24/9). (foto ist)

Rakyatterkini (Jambi)
- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, 328.724 hektare luas lahan terbakar di tahun 2019.

"Saya mempunyai data, penyebab kebakaran hutan dan lahan (karhutla) adalah 99 persen ulah manusia dan 80 persen lahan yang terbakar menjadi kebun," ungkap Kepala BNPB, Doni Monardo, Rabu (24/9).

Dirinya menawarkan merubah perilaku masyarakat dengan meningkatkan kesejahteraan dengan pengembangan pohon yang bersifat ekonomis.

Contohnya kopi liberica, pohon pinang,  nanas, lidah buaya, pisang barangan, enau, sayur-mayur, ikan gabus, tanaman sagu dan sebagainya. Jenis tanaman ini dapat menjadi alternatif pilihan pohon untuk masyarakat tanpa harus membakar lahan. Cara lain, juga dapat dilakukan dengan membuat grup, dan bagi yang melanggarnya dikenakan sanksi sosial, paparnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengakui belum menemukan formula yang pas dalam membuka lahan tanpa membakar.

"Sampai saat ini solusi pemerintah daerah adalah meningkatkan pengawasan, pembahasan lahan, buka kanal yang dibebankan kepada dunia usaha. Saya hanya berharap tak ada lagi kejadian serupa di masa mendatang," katanya. (*)

Kontributor: Muhammad Aidil

TerPopuler