Pemuda Mandiri Membangun Desa Ikuti Pembekalan

Pemuda Mandiri Membangun Desa Ikuti Pembekalan

Sabtu, 22 Juni 2019, 23:13
Pembekalan pemuda mandiri membangun desa. (Foto Antara)
Rakyatterkini (Padang)  Empat puluh lima peserta yang lulus program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) mendapatkan pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Ketua pelaksana program pembekalan PMMD Abdul Rasyid di Padang, Sabtu (22/6) mengatakan kegiatan ini merupakan sebuah program unggulan Kemenpora RI di bawah Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda.

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengajak pemuda Indonesia yang peduli pada desanya untuk mengembangkan potensi desa terutama dalam bidang kepemimpinan, kepeloporan, kerja sama, dan jaringan antar pemuda, kewirausahaan dan kearifan lokal.

Dilansir Antara, secara nasional kegiatan ini diikuti oleh 24 provinsi, 14 provinsi peserta baru dan sepuluh provinsi lainnya peserta lanjutan dengan jumlah peserta 1.000 orang, 600 orang peserta yang baru dan 400 orang lainnya peserta lanjutan.

Sedangkan 45 orang ini merupakan peserta yang lolos di tingkat provinsi Sumbar dari dua kabupaten yaitu Solok dan Tanah datar.

"Sebetulnya yang mendaftar banyak ada sekitar ratusan orang, namun yang lolos seleksi pertama awalnya hanya 96 orang, kemudian diadakan lagi seleksi kedua melalui tulisan dan wawancara hingga menyisakan 45 orang peserta," sambung dia.

Ia menambahkan setelah pembekalan ini para peserta akan mengabdi ke desa masing-masing dengan melaksanakan program yang sudah dirancang pada rentang Juli hingga akhir Agustus.

"Untuk pengabdian yang akan mereka lakukan tersebut akan diberikan dana program," katanya.

Sekiranya mereka tidak menjalankan program berdasarkan perjanjian di atas materai,harus mengembalikan uang negara yang sudah digunakan sebanyak yang diberikan.

Selain itu salah seorang peserta yang lolos seleksi PMMD Irwan Saputra merasa senang dan bangga dengan adanya kegiatan tersebut. (*)


TerPopuler